10 Game Melawan Hama Pada Tanaman Yang Edukatif Untuk Anak Laki-Laki Yang Suka Berkebun

10 Game Melawan Hama untuk Anak Laki-Laki Pecinta Berkebun

Buat anak laki-laki yang doyan berkebun, hama jadi musuh bebuyutan yang ganggu banget. Nah, daripada pusing ngusir hama, mending ajak mereka main game seru biar sambil belajar. Cekidot nih, 10 game seru yang dijamin bikin hama minggir!

1. Serangan Kepik

Ini game klasik yang kece. Bekali anak-anak dengan kepik buas (bisa beli atau cari di sekitar kebun). Tugasku? Lepaskan kepik di tanaman yang diserang kutu daun. Kepik bakalan hap-hap kutu daun sampai gak bersisa!

2. Pemburu Jejak

Buat jejak hama di kertas kardus, lengkap dengan ciri-ciri fisik dan kerusakan yang disebabkan. Tantang anak-anak untuk cari hama sesuai jejak sambil jalan-jalan di kebun. Yang paling banyak nemuin yang menang!

3. Tangkap Si Api

Hama ulat bulu yang ber bulu-bulu bikin ngeri? Usir pakai asap! Ajak anak-anak buat tangkap ulat bulu dengan jaring atau pinset lalu kasih asap di dekatnya. Ulat bulu bakalan kabur duluan!

4. Siram-siram Basah

Ada hama yang suka lembap? Siram tanaman dengan air deras pakai selang. Semprotan air ini bakalan bikin hama gak betah dan kabur ke tempat yang lebih kering. Gampang kan?

5. Perang Lilin

Hama hates bau yang menyengat, salah satunya lilin. Buat perang lilin dengan meletakkan beberapa lilin kecil di sekitar tanaman yang diserang hama. Nyala lilin bakalan bikin hama angkat kaki!

6. Hujan Sabun

Sabun cuci piring bisa jadi senjata ampuh lho. Campurkan satu sendok makan sabun ke dalam satu liter air. Lalu, semprotkan larutan ini ke tanaman yang diserang hama kutu putih atau kutu daun. Sabun akan bikin hama gak bisa nempel dan rontok!

7. Bawang Putih Force

Hama males banget sama bawang putih. Gempal beberapa siung bawang putih dan rendam dalam air semalaman. Besok paginya, saring airnya dan semprotkan ke tanaman. Aroma bawang putih yang nyegrak bakalan bikin hama pada kabur!

8. Semprotan Cabai

Cabai gak cuma buat masak, tapi juga bisa jadi pestisida alami. Giling beberapa biji cabai dan rendam dalam satu liter air. Saring, lalu tambahkan dua sendok makan sabun cuci piring. Semprotkan ke hama, dijamin pada kebakaran jenggot!

9. Pertandingan Tarik Tambang

Ini game seru yang mengajarkan anak tentang hama penggerek batang. Tancapkan dua tongkat di dekat tanaman yang diserang. Lalu, selipkan batang tanaman ke tongkat. Bagikan dua tali goni ke anak-anak. Minta mereka tarik tali sekuat tenaga. Tujuannya, buat narik hama dari dalam batang keluar!

10. Adu Tembak Biji Lada

Biji lada punya sensasi getir yang hama gak demen. Beri anak-anak masing-masing satu genggam biji lada. Lalu, buat target di jarak tertentu. Minta mereka melempar biji lada ke arah target. Yang paling banyak kena target, dia jagonya ngusir hama!

Itu dia 10 game seru yang bikin hama minggir dan anak-anak terhibur. Sambil bermain, mereka juga belajar tentang hama dan cara mengendalikannya dengan cara yang ramah lingkungan. Jadi, ajak anak-anak main game ini dan jadikan berkebun jadi aktivitas yang menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *